BREAKING NEWS
Search

649 Siswa Tidak Lulus UN

Pengumuman hasil ujian nasional (UN) bagi siswa SMA/SMK/MA tahun 2010 yang dilakukan Senin (26/4) hari ini. Berdasarkan data yang diperoleh Bagian Humas dan Protokol dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Minggu (25/4), sebanyak 649 siswa SMA dan SMK tidak lulus dan masih ada kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan.

Angka kelulusan siswa SMA program IPA cukup bagus yaitu mencapai 99,88%. Dari 2.595 siswa program IPA hanya 3 orang yang tidak lulus dan harus mengikuti ujian ulangan. Sementara untuk program IPS hasilnya justru jeblok, karena angka kelulusan hanya 77,73%. Dari peserta UN sebanyak 2.663 untuk program IPS, sebanyak 593 siswa tidak lulus dan akan mengikuti ujian ulangan yang akan digelar 11-14 Mei 2010.

Sedangkan untuk SMK, angka kelulusuan juga lumayan bagus. Dari 5.643 peserta UN berhasil lulus 99,06% atau ada 53 siswa yang tidak lulus.

Menurut Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Drs H Odang Kusmayadi MM didampingi Kasie Kurikulum Menengah Umum Sudalim Gymnastiar MPd, angka kelulusan siswa SMA program IPS memang cukup mengejutkan. Apalagi mata pelajaran yang membuat “jatuh” ternyata adalah Ekonomi. Padahal secara umum mata pelajaran yang membuat jatuh adalah Bahasa Indonesia, Sosiologi (IPS), Biologi (IPA), dan Teori Kompetensi (SMK).

Sudalim mengatakan, hasil ujian nasional tahun ini secara nasional memang mengalami penurunan. Hal ini mungkin disebabkan adanya kenaikkan standar kelulusan dari 5,25 menjadi 5,50. Selain itu juga dimungkinkan karena adanya pengawasan yang lebih ketat, bahkan bisa juga karena adanya ujian ulangan sehigga ada siswa yang belum all out.

Sudalim menambahkan, terkait dengan hasil UN ini, Dinas Pendidikan juga akan mengirimkan surat permohonan peninjauan kembali kepada panitia ujian nasional Jawa Barat, terkait hasil proses pemindaian LJK di UPI Bandung yang diduga menjadi salah satu penyebab jebloknya angka kelulusan khususnya program IPS.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Muhamad Rakhmat SH MH melalui Kabid Dikmen Drs H Odang Kusmayadi MM, menghimbau kepada siswa yang merayakan kelulusan agar tidak melakukan corat-coret di baju seragam. Sebab tindakan tersebut sama sekali tidak ada gunanya, dan akan lebih baik kalau baju seragam tersebut diberikan kepada mereka yang membutuhkan.(dens/humasindramayu)



nanomag

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus.


0 thoughts on “649 Siswa Tidak Lulus UN