BREAKING NEWS
Search

Menjadi Penyiar Radio Bag 3

Jika di postingan sebelumnya kita lebih membahas mengenai tekhnik-tekhnik dasar yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penyiar radio, kali ini dibagian terakhir kita coba untuk lebih mengasah dan menemukan skill yang kita miliki.
Seorang penyiar harus menemukan suara terbaiknya dan ini butuh eksperimen. Nah, berikut hal-hal yyang bisa anda coba lakukan sebagai bentuk latihan dan menampilkan kemampuan anda untuk menjadi seorang penyiar yang profesional :

Jika anda punya pilihan mikrofon, cobalah satu per satu untuk menemukan mic paling sesuai bagi anda. Beberapa mic dibuat untuk mendorong tinggi-rendah suara, dan anda bisa menyelaraskannya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, cobalah dengan merekam suara anda dalam sikap tubuh yang berbeda, kedekatan yang berbeda dengan mic, dan tingkat proyeksi (pengerasan) yang berbeda.
Bayangkan ragam pendengar dan lihatlah bagaimana “mental image” ini mempengaruhi penyampaian Anda.Bayangkan, pendengar itu satu orang! Orang yang baru pertama kali berbicara di radio, sering secara salah memvisualkan pendengarnya –membayangkan bahwa pendengar itu ribuan. Padahal, orang yang mendengarkan itu dalam kelompok berjumlah satu orang (in group of one). Ya, bayangkan pendengar itu satu orang!. Berbicaralah layaknya kepada teman akrab. Lihat wajah teman anda itu dalam “pikiran mata” anda.

Jangan lupa juga untuk selalu tersenyum, meski pendengar tidak melihat kita. Berbicara dengan senyum, akan terasa hangat, ramah, friendly, di telinga pendengar.

Gunakan gerakan tubuh (gesture), meskipun tidak ada orang yang melihat kita. Penyiar adalah aktor. Jadi, bayangkan kita adalah seorang aktor yang sedang “mentas” di televisi.
Jedalah untuk beberapa detik untuk membiarkan pesan kita sampai ke pendengar. Saat jeda, kita juga bisa mencari gagasan berikutnya.

Pelajarilah cara orang berbicara saat ngobrol dan gunakan pola pembicaraan itu ketika membaca naskah. Perhatikan bagaimana dinamika vokal berfluktuasi: lebih keras, lebih lembut. Juga perhatikan obrolan itu berubah-ubah arah dan bagaimana tingkat lagu kalimat (range of inflection) mereka melebar.

Semoga bermanfaat...



nanomag

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus.


0 thoughts on “Menjadi Penyiar Radio Bag 3