BREAKING NEWS
Search

Orang Pertama Yang Melakukan Siaran Radio

Orang pertama yang melakukan siaran radio dengan suara manusia adalah Reginald Aubrey Fessenden. Ia melakukan siaran radio pertama dengan suara manusia pada 23 Desember 1900 pada jarak 50 mil (dari Cobb Island ke Arlington, Virginia).

Reginald Aubrey Fessenden, lahir 6 Oktober 1866 – meninggal 22 Juli 1932 pada umur 65 tahun adalah salah satu dari sekian banyak orang yang berjasa dalam perkembangan teknologi radio. Ia adalah salah satu penemu radio, ahli fisika Amerika Serikat, insinyur, dan guru besar ilmu fisika. Fessenden lahir pada tanggal 6 Oktober 1866 di Bolton Timur, Quebec, Kanada. Ia telah berhasil membuat 500 penemuan, diantaranya yaitu alternator, detektor, heterodin, fathometer, dan penggerak turbo listrik untuk kapal tempur.

Alternator adalah alat untuk membangkitkan listrik dan menghasilkan arus bolak balik.Dengan adanya alternator telah mendorong terciptanya radio telepon. Detektor adalah alat untuk mengubah arus bolak balik menjadi arus yang searah. Sedangkan, Heterodin adalah alat untuk mengubah frekuensi radio sehingga frekuensi tersebut mudah diatur dan dapat diperkuat.

Fessenden melewatkan masa pendidikannya di Trinity College di Port Hope, Ontario dan di Bishop’s University di Lennoxville, Quebec. Perjalanan kariernya dimulai dengan menjadi guru dan kepala sekolah di Whitney Institute. Selama mengurusi sekolah tersebut, ia melakukan percobaan-percobaan di bidang listrik dan kimia. Kemudian ia pindah ke New York, Amerika Serikat dan melamar pekerjaan di laboratorium Edison di Orange, New York. Ia diterima sebagai kepala bagian di bidang kimia.




nanomag

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus.


0 thoughts on “Orang Pertama Yang Melakukan Siaran Radio